Les Bahasa Inggris Lewat Video Game di BSD

      Comments Off on Les Bahasa Inggris Lewat Video Game di BSD

Menguasai bahasa asing merupakan kebutuhan pokok di jaman sekarang. Di era globalisasi dan persaingan bebas semacam sekarang, akan sangat berguna jika kita menguasai tidak hanya bahasa ibu saja. Karena jika tidak, akan sangat sulit bagi kita untuk bisa bersaing dengan orang lain dari berbagai belahan dunia.

Ini membuat saya menjadi teringat dengan sebuah kisah saat saya masih mengajar di sebuah sekolah di daerah BSD, Tangerang Selatan. Saya memiliki seorang murid yang terkenal tidak terlalu pintar namun kini dirinya sudah berhasil bekerja di salah satu perusahaan teknologi terbesar di Amerika sana.

Seharusnya hal ini dapat membuka mata kita. Yang mana kita tidak bisa begitu saja menghakimi masa depan seseorang. Apalagi jika terjadi seperti pengalaman anak murid saya diatas, bagaimna mungkin seorang anak yang biasa saja (cenderung tidak pintar dan malas) bisa bekerja di sebuah perusahaan asing jika tak menguasai bahasa asing?

Belajar Bahasa Inggris dari Video Game

Belajar Bahasa Inggris menggunakan video game

Belajar Bahasa Inggris menggunakan video game

Murid saya tersebut sempat bertemu dengan saya beberapa waktu lalu (dari sini lah saya mengetahui jika dirinya sekarang bekerja di salah satu perusahaan asing). Setelah berbincang basa-basi cukup panjang saya pun bertanya kepadanya “Bagaimana kamu bisa sampai bekerja di perusahaan asing tersebut?”.

Dan jawaban yang saya dapat pun cukup mengejutkan, dia berkata bahwa awalnya dirinya hanya iseng mengikuti sayembara yang diakukan sebuah publisher video game online. Dan beruntungnya, dia diterima. Saya pun hanya bisa terkejut dan tidak menyangka bahwa rejeki seseorang bisa datang dari mana saja, termasuk bahasa inggris dan video game.

Dan dugaan saya pun tidak meleset, bahwa dia ternyata mengurusi bidang translasi dari bahasa inggris ke bahasa indonesia. Karena publisher video game online tersebut juga mulai membuka server di Indonesia. Bayangkan, yang dia perlukan untuk menjalankan profesinya hanya bahasa inggris, video game dan sedikit keberuntungan tentunya.

Tempat Les Bahasa Inggis Rasa Game Station di BSD

Bagaimanan cara mempelajari Bahasa Inggris dari video game?

Bagaimanan cara mempelajari Bahasa Inggris dari video game?

Saya semakin dibuat terkejut dibuatnya saat murid saya tersebut menceritakan bahwa dirinya kini pun membuka sebuah tempat kursus bahasa inggris. Yang membuat saya terkejut bukanlah cara dia melihat peluang usaha, namun justru konsep yang dia hadirkan di tempat les nya tersebut.

Tempat kursus yang berlokasi di daerah BSD City, Tangerang Selatan tersebut ternyata mengadaptasi konsep yang sama sekali baru dan sangat luar biasa menurut saya. Bagaimana tidak, coba anda sebutkan tempat les mana yang memiliki nuansa belajar seperti dalam game station atau sebut saja warnet.

Saya semakin tergelitik untuk mencari tau bagaimana dia berani membangun konsep semacam ini. Tanpa ragu, dia pun menceritakan saya  bagaimana konsep membuka tempat les bahasa inggris dengan nuansa bermain video game.

Ternyata yang dia lakukan hanya bermain video game setiap hari dengan menerapkan 3 hal. Apa saja 3 hal tersebut? Berikut adalah daftarnya:

  • Meaning = Context + Definition
    Ketika kita masih kecil orang tua kita tidak menjelaskan kita satu per satu apa kata untuk ini atau itu. Mereka hanya menjelaskan basicnya dan kita secara intuitif menginterpertasi sendiri sisanya. Gunakan intuisi anak kecil anda untuk belajar bahasa Inggris.
  • Catat Kosakata Baru dan Cari Artinya
    Catat kosakata yang baru pertama kali anda temui dalam video, catat
  • Putting it all together
    Ketika membalas chat ketimbang bilang: “oke!”, cobalah bilang: “alright then!”. Terasa janggal pada awalnya memang. Namun jika anda sudah terbiasa maka terkadang anda akan sangat sulit jika tidak bicara bahasa inggris.