Atasi Gangguan Belajar Matematika di YXGK Serpong

      Comments Off on Atasi Gangguan Belajar Matematika di YXGK Serpong

Bidang studi matematika bisa dibilang merupakan bidang studi paling sulit bagi para murid. Banyak sekali yang menganggap bahwa mata pelajaran hitung-hitungan semacam ini sangat sulit untuk dipahami jika dibandingkan dengan mata pelajaran lain yang lebih banyak menggunakan teknik menghapal.

Penyebab semua ini adalah karena banyak sekali yang tidak menguasai konsep dasar yang ada pada tiap materi pelajaran matematika. Kebanyakan para guru juga tidak memberikan penyampaian dengan baik dan menyenangkan kepada para murid. Sehingga mindset murid terhadap guru matematika adalah galak, menakutkan dan kesan negatif lainnya.

Selain itu ada juga penyebab lain seorang murid tidak bisa menguasai pelajaran matematika dengan baik. Penyebabnya lain itu adalah sebuah kelainan bernama Diskalkulia atau ketidakmampuan searing anak dalam menyerap konsep aritmatika yang diajarkan oleh siapapun itu.

Kelainan semacam ini tidaklah terlihat secara fisik karena ini adalah masalah mental. Dan jika dinilai melalui pengamatan pun juga sedikit sulit karena sedikit saru jika dibandingkan dengan anak yang tidak mengerti karena malas belajar.

Mengenal Diskalkulia Bersama YXGK Serpong

Apakah yang dimaksud dengan Diskalkulia?

Apakah yang dimaksud dengan Diskalkulia?

Mungkin sebagian dari anda ada yang belum mengetahui apa itu Diskalkulia. Secara harfiah, Diskalkulia (Dyscalculia) merupakan gangguan belajar yang mempengaruhi kemampuan seseorang dalam memahami segala konsep yang berhubungan dengan matematika. Kebanyakan orang yang menderita diskalkulia mempunyai kesulitan dalam proses visual.

Para pengidap Diskalkulia memiliki kesulitan dalam mengingat suatu urutan operasi (order of operations) yang harus diikuti dalam memecahkan suatu permasalahan matematika. Karena dalam beberapa konsep matematika, biasanya terdiri dari beberapa prosedur yang harus diikuti secara berurutan.

Biasanya gangguan Disleksia ini dialami oleh anak pada usia Sekolah Dasar. Sempat diduga bahwa ini ada hubungannya dalam ketidakpahaman dalam memahami teks (reading disorder). Namun dalam sebuah penelitian ternyata ditemukan bahwa perkembangan kurikulum bertanggung jawab kepada meningkatnya ketegangan pada sistem syaraf anak-anak usia sekolah.

Menangani Diskalkulia Bersama YXGK Serpong

Diskalkulia ternyata bisa disembuhkan

Diskalkulia ternyata bisa disembuhkan

Meski merupakan gangguan yang dibawa sejak lahir, bukan berarti Diskalkulia tidak bisa disembuhkan. Mendeteksi apakah anak anda mengalami diskalkulia sejak dini dan segera menangani nya merupakan satu-satunya penanganan yang paling tepat terhadap Diskalkulia.

Berikut adalah tips dari YXGK Serpong dalam menangani anak dengan Diskalkulia:

  • Perbanyak contoh-contoh konkrit untuk memastikan pemahaman yang kuat sebelum melangkah kepada konsep yang abstrak. Hal ini akan membantu untuk memberikan strategi untuk memvisualisasikan konsep.
  • Berikan kesempatan untuk menggunakan gam bar, grafik, kalimat, atau kartu untuk membantu dalam hal pemahaman soal. Hubungkan permasalahannya dengan contoh kehidupan sehari-hari.
  • Kembangkan sebuah konsep diri bahwa ‘says bias’, sesering mungkin. JANGAN katakan, “Ibu/Ayah tidak pandai matematika, tak heran kamu pun begitu”. Ingatlah, dengan suasana yang baik, (tutoring, one to one support) dan sikap yang positif, semua orang pintar matematika!
  • Gunakan pendekatan yang positif untuk mengenalkan konsep dasar. Kartu atau permainan komputer untuk menguasai konsep awal sampai dengan 20 dan tabel perkalian akan sang at berguna. 10 menit sehari akan berhasil.
  • Berikan bantuan dalam mempelajari simbol-simbol matematika dan bahasa matematika. Contohnya, pikirkan tenting simbol ‘-’ (minus) berarti ‘pergi’ atau ‘hilang’, dan simbol ‘+’ berarti ‘datang’ atau ‘muncul’.Simbol ‘-’ bisa juga berarti ‘mengurangi’, bisa juga pecahan, atau juga bilangan bulat negatif.
  • Remediasi menuntut kerjasama erat antara guru kelas reguler dan mereka yang terlibat dalam mendukung perbaikan. Banyak anak dengan prestasi dalam matematika yang memenuhi syarat untuk secara hukum diamanatkan pelayanan pendidikan khusus di sekolah umum.